Selamat Datang di Web Resmi SCBD Sragen www.sragencapacitybuilding.blogspot.com
Tuesday 20 April 2010

Dari Seminar Good Governance: Wujudkan Pemerintahan Yang Baik Di Indonesia

SRAGEN - Seminar Good Governance dengan tema “Kepemerintahan yang Baik dan Etika Pemerintah”, Sabtu (17/4), menghadirkan dua narasumber. Yakni Prof. Dr. Yeremias T Keban, SU, MURP, dari FISIPOL Universitas Gadjah Mada serta Drs. Sudarmo, MA, Ph.D dari FISIP Universitas Negeri Sebelas Maret.

Yeremias Keban menyampaikan materi Mengendalikan Capacity Building dan Good Governance di Daerah. Ia menguraikan reformasi birokrasi dijalankan karena praktek KKN masing tinggi, kualitas pelayanan belum memadai, tingkat efsisiensi efektivitas dan produktivitas belum optimal, transparansi dan akuntabilitas masih rendah serta kurangnya disiplin dan etos kerja. Reformasi birokrasi menjadi pilihan karena merupakan langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

Lebih lanjut Yeremias Keban memaparkan reformasi birokrasi sangat tergantung dari dua faktor penentu yakni intensitas capacity building dan keterlanjutan good governance. Birokrat dibekali kemampuan tinggi secara intensif dan bekerja di dalam organisasi yang sehat akan cenderung melaksanakan prinsip good governance. Birokrat yang selalu menggunakan pronsip good governance mencapai tujuan reformasi birokrasi yakni berkinerja lebih tinggi khususnya dalam membangun dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, berintegritas dan mendapatkan trust dari masyarakat.

Sementara Sudarmo menyampaikan materi tentang Kerangka Kebijakan Untuk Penerapan Good Governance di Kabupaten Sragen. Ia menguraikan Good Governance menjadi salah satu konsep untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia. Secara garis besar ada empat pilar utama strategi dan kebijakan yang dapat diterapkan di Kabupaten Sragen. Diantaranya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, kualitas pelayanan publik, kapasitas dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, serta pemantapan pelaksanaan reformasi birokrasi. (Source: Sragen Online)

SIMONEP

SIMPEG

CATEGORY

Followers

Powered by Blogger.