Selamat Datang di Web Resmi SCBD Sragen www.sragencapacitybuilding.blogspot.com
Tuesday 20 April 2010

Pemkab Adakan Seminar Good Governance

SRAGEN – Pemkab menggelar Seminar Good Governance dengan tema “Kepemerintahan yang Baik dan Etika Pemerintah”, Sabtu (17/4). Acara berlangsung di Ruang Sukowati kompleks kantor Setda Sragen, diikuti oleh Camat serta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemkab Sragen dengan Asian Development Bank (ADB), Direktorat Pengembangan Kapasitas dan Evaluasi Kinerja Daerah Dirjen Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri serta Lembaga Adminstrasi Negara (LAN).

Dalam sambutannya Bupati Sragen H. Untung Wiyono mengatakan istilah good governance tidak asing lagi di lingkungan Pemkab Sragen dan selama ini sudah berjalan baik. Melalui seminar ini diharapkan pemahaman mengenai Good Governance akan semakin baik. Sehingga setiap SKPD dapat menjalankan perannya dan Kabupaten Sragen akan lebih maju serta menjadikan prastasi adalah tradisi.

Bupati menegaskan kelemahan bangsa disebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia. Terkait hal ini Pemkab Sragen mengupayakan pendidikan formal dan non-formal untuk membentuk manusia yang berkualitas unggul. Upaya bidang pendidikan non-formal seperti penyediaan jurusan kepandaian/ketrampilan khusus dan pembekalan life skill. Bagi siswa sekolah, ada empat hal yang menjadi kurikulum wajib. Diantaranya Bahasa Inggris, Teknologi Informasi (TI), ilmu wirausaha, pendidikan budi pekerti dan wawasan kebangsaan.

Kepala Bappeda Sragen, Ir. Darmawan, MT, MM, dalam laporan tertulisnya yang dibacakan oleh Ir. Simon Nugroho, mengatakan peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan good governace untuk mengatur perilaku pelayanan publik sudah banyak diterbitkan. Namun pelaksanaan tata pemerintahan yang baik di lapangan tergantung pada keingingan dan kemauan daerah masing-masing. Dengan otonomi luas yang diterapkan pemerintah daerah, maka diperlukan aparat birokrasi yang memiliki pemikiran luas dan berkinerja baik.

Selanjutnya melalui Sustainable Capacity Building for Decentralization Project (SCDB-P) akan dikembangkan capacity building untuk mendukung program visi dan misi Kabupaten Sragen. Terlebih lagi, Kabupaten Sragen sebagai salah satu kabupaten yang mengedepankan pelayanan publik, investasi dan kewirausahaan yang didukung aparat pemerintah berkualitas, sangat peduli dalam penyusunan kerangka kebijakan good governance ini. Dengan harapan dapat diterapkan dalam sistem kerja dan pelayanan oleh aparat Pemkab Sragen. (Source: Sragen Online, 19/04/2010)

SIMONEP

SIMPEG

CATEGORY

Followers

Powered by Blogger.